Upaya peretasan yang menargetkan layanan ecommerce di tanah air nampaknya masih belum usai. Setelah Tokopedia, BukaLapak dan juga Bhinneka kini giliran layanan e-commerce dan cashback, ShopBack yang dikabarkan menjadi incaran para peretas.

Hal ini diketahui setelah pihak Shopback ShopBack mengumumkan telah terjadi upaya peretasan data di sistem milik mereka.

Karenanya, pihak ShopBack meminta para pengguna layanan mereka untuk mengganti kata sandi atau password guna meningkatkan keamanan akun milik mereka.

Dalam keterangan resmi yang dikeluarkan oleh pihak manajemen pada Sabtu (26/09/2020), pihak ShopBack mengatakan bahwa dalam beberapa hari terakhir di tengarai telah terjadi upaya peretasan karena ada akses tidak sah yang masuk ke dalam sistem mereka.

“Kami menyadari adanya kejadian yang melibatkan terjadinya akses tidak sah pada sistem kami. Segera setelah mengetahui insiden ini, kami segera melakukan tindakan pengamanan dan akses tidak sah tersebut kami hapus,” jelas pihak ShopBack seperti dikutip dari laman telset.id.

ShopBack sendiri telah melakukan tindakan pengamanan data pengguna agar tetap aman dengan enkripsi data milik pengguna layanan mereka.

Kendati demikian, hal tersebut masih tidak menutup kemungkinan jika bisa saja data pengguna jebol dan nantinya disalahlahgunaan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Kami menegaskan bahwa cashback dan kata sandi/password Anda tetap aman dan terenkripsi. Saat ini, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa terdapat informasi yang disalahgunakan, namun kemungkinan itu tetap ada,” jelas pihak ShopBack.

Terkait insiden pertasan yang menimpa sistem milik mereka, pihak ShopBack menyampaikan permintaan maaf meraka kepada seluruh pengguna.

Selain itu, mereka juga menghimbau kepada kepada seluruh pengguna layanan cashback ini untuk segera mengganti password akun mereka guna mencegah penyalahgunaan data yang bisa saja terjadi.

“Jika dirasa perlu, Anda dapat mengubah kata sandi/password ShopBack Anda. Kami menghimbau untuk tidak menggunakan kata sandi/password yang sama dengan yang Anda gunakan pada aplikasi lainnya,” tutup ShopBack.

Terakhir, kepada seluruh pengguna layanan ecommerce yang ada di tanah air sangat disarankan untuk menggunakan password yang berbeda untuk tiap-tiap layanan.

Ini guna mencegah merembetnya kasus pencurian data karena kecerobohan pengguna yang menggunakan password yang sama untuk semua-akun-akun milik mereka.

Back to home page